rss

Tips membuat keyword yang efektif

Membuat keyword yang efektif memang sangat sulit, namun keyword yang efektif akan mendatangkan banyak pengunjung. Disini saya akan memberikan tips membuat keyword yang efektif untuk blog kita agar bisa mendapatkan sedikit penggungjung dari mesin pencari.
Menentukan keyword yang efektif memang bukan pekerjaan yang mudah, tapi bukan pula sesuatu yang sulit asal kita mengetahui tricknya. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau blog/website niche lebih menguntungkan daripada yang bertema general, setidaknya untuk pemula. Keuntungan yang paling besar adalah persaingan yang tidak terlalu berat. Terlebih kalau kita bisa membidik niche yang efektif, bukan hal yang tidak mungkin kalau kita dapat niche yang minim persaingan, tapi banyak yang mencari. Secara garis besarnya, keyword research ini bertujuan untuk mencari keyword yang:
1. Persaingannya gak (ato belum) terlalu ketat.
2. Banyak dicari orang.
3. Harganya (Cost per Click) tinggi.
Untuk keperluan keyword research ini kita bisa menggunakan: Google Adwords Keyword Tool. Alamatnya di sini:
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
Melalui tool ini saja kita sudah bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang niche yang akan kita bidik.
Sebelum mulai keyword research, kita harus menentukan dulu apa kategori yang bakal kita bidik. Kategori ini sifatnya lebih general. Contohnya: car, computer, mobile phone, guitar, belt, etc. Kalo bingung, silakan coba beberapa pilihan berikut:
1. Browse kategori product yang dijual di Amazon. Cari yang kira-kira paling laku.
2. Lihat Site Marketplace di forum DigitalPoint. Lihat web/blog dengan niche yang banyak dicari orang, dan paling laris.
3. Untuk yang offline, liat saja iklan-iklan yang bertebaran di TV. Produk-produk yang ada di iklan tersebut sudah terbukti laku, nyatanya sang produsen mau beriklan di TV yang notabene harganya mahal abis.
Okey, sekarang kita tentukan saja 1 keyword yang bakal kita kupas abis. Dan keywordnya adalah: “bicycle” atau sepeda. Jadi sekarang yang harus kita lakukan adalah mengetik kata “bicycle” pada homepage Google Adwords Keyword Tool.
Akan muncul berbagai niche yang siap kita bidik. Untuk tahu mana keyword yang bener-bener potensial, kita harus melakukan sedikit konfigurasi di halaman ini. Nggak semua informasi yang ada di halaman itu penting buat kita. Konfigurasi yang perlu dilakuin adalah:
1. Pada Choose columns to display pilih Hide Advertiser Competition dan Hide Local Search Volume. Kenapa harus di-hide? Karena kita tidak perlu informasi ini. Sebenarnya tidak usah di-hide pun tidak jadi masalah, ini dilakukan semata cuma buat halamannya jadi bersih aja.
2. Masih pada kolom Choose columns to display pilih Show Estimated Avg. CPC. Pada Calculate estimates using a different maximum CPC bid: pilih US Dollars (USD $), kemudian klik Recalculate. Ini bertujuan untuk mengetahui berapa nilai per klik untuk sebuah keyword. Sebenernya ini tidak bisa dijadikan patokan 100% benar, namun menurut beberapa webmaster keakuratannya bisa dipercaya hingga 90%.
3. Langkah berikutnya, yang tidak kalah penting, lihat kotak Match Type di sebelah kanan. Kemudian pilih Exact.
Urutan bisa berbeda. Urutan keyword di atas saya urutkan berdasarkan Avg. CPC (matre mode: on) . Kalo mau dibuat seperti itu, klik Show Estimated Avg. CPC dua kali. Nanti urutannya bakalan tersusun dari keyword yang paling mahal.
Sekarang adalah saatnya kita menyortir mana keyword yang bener-bener potensial. Pertama-tama export dulu hasil keyword research tahap awal tadi ke format .csv, agar nantinya bisa kita utak-atik di Excel. Kalo masih bingung, pokoknya ikuti dulu saja nanti juga paham sendiri. Sekarang scroll down halaman Google Adwords Keyword Tool sampai menemukan kata-kata Download all keywords: text, .csv (for excel), .csv di urutan terbawah list keyword, sebelum kolom Additional keywords to consider. Pilih yang .csv (for excel). Nah, kalau sudah berhasil didownload, kita baru bisa beranjak ke langkah berikutnya.
Di tahap ini kita butuh 1 tool pendukung lagi. Tool ini bakal memudahkan kita buat melihat web saingan. Nama tool ini adalah add-ons SEO for Firefox yang bakal kita pasang di browser Firefox tentunya. Buat yang pake browser lain, saya belum pernah nemu add-ons ato plugin serupa, jadi satu-satunya solusi ya terpaksa semua harus pake Firefox. Nah, download dulu add-ons-nya di:
http://tools.seobook.com/firefox/seo-for-firefox.html
Ikutin saja perintah instalasinya. Harusnya tidak sampai 5 menit add-ons ini udah selesai terinstall. Setelah terinstall, restart firefox. Nanti di sudut kanan bawah bakalan ada logo di bagian bawah browser kita.

Satu lagi keyword research tool yang banyak digunakan untuk menentukan keyword yang efektif yaitu GOOGLE INSIGHT FOR SEARCH, FREE KEYWORD TOOL.
Kata kunci apa yang banyak dicari di internet ? Banyak sekali, yang paling top untuk saat ini pasti facebook. Sedangkan keyword yang paling banyak dicari sepanjang waktu pastilah, bokep, bugil, sex, download, mp3, dan gratis.  Kalau anda ingin mendatangkan pengunjung, silahkan gunakan kata-kata tersebut, dan juga lampirkan beberapa "bonus" dari topik yang akan anda pilih di atas. Nah...jadi, kita tidak perlu susah-susah mikir bikin keyword yang efektif dan tepat sasaran.  Masalahnya adalah, kebanyakan orang berpikiran seperti di atas. COBA BAYANGKAN ! Kalo 10 juta orang bikin web dengan keyword yang sama, maka halaman anda muncul di mana ketika ada orang yang search ? Halaman satu atau halaman 10 ? Atau malahan halaman sejuta seratus sekian sekian..... ??
Saya tidak tahu analogi google dalam menempat suatu halaman ketika melakukan pencarian. Bagi saya, yang lebih penting untuk saat ini adalah menggunakan keyword yang efektif supaya bisa muncul di 3 halaman pertama pencarian. Malahan kalau bisa di halaman satu dan nomer satu. Itu adalah impian saya dan juga para seo (Search Engine Optimizer). Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai google search engine.
Cara menggunakan Google Insight for Search ini mudah sekali. Tinggal masukkan keyword yang ingin anda analisa di kotak pencarian. Kemudian anda pilih negara tujuan website anda. Terakhir atur time rangenya, mau tiga bulan, setahun, atau tiga tahun yang lalu.
MEMBUAT KEYWORD YANG EFEKTIF DAN TEPAT SASARAN
Kita sudah mempunyai Software analisa keyword, buatan Google lagi, mesin pencari terbaik di dunia. Kurang apa lagi ? Masa gak bisa muncul di halaman pertama dan nomer satu ?
Jadi begini, dunia website itu luas ! Banyak yang harus dipelajari, mulai dari membuat website (bahasa php-mysql,joomla, dreamweaver), keyword, traffic, tool, dan adsense. Saya sadar untuk mencapai $200/hari itu adalah perjalanan yang panjang, dan untuk itu saya harus trial dan mencoba, trial lagi, coba lagi, tiap hari dan tiap hari. Suatu hari nanti, saya pasti menemukan cara membuat keyword yang efektif sekaligus tepat sasaran.
TIPS KEYWORD EFEKTIF BERDASARKAN PENGALAMAN SAYA
Pertama, letakkan keyword anda di paragraf pertama dan di paragraf terakhir. Namun, jujur saya jarang meletakkan keyword di paragraf terakhir. Kalo di paragraf pertama sih masih kadang kadang. Abis, kenakan nulis sih!
Kedua, isi website anda itu adalah tempat meletakkan keyword juga. Yang wajar yaa, jangan ngawur, ntar dikira spam ama Google!
Ketiga, fokus pada satu topik. Misalnya keyword Mozilla Firefox. Apa yang akan anda ulas ? Add-on Mozilla Firefox kah, Theme Firefox, atau tune up Mozzila ? Tujuannya, supaya halaman anda bisa muncul di halaman pertama pencarian dengan keyword khusus itu. Setelah itu, anda akan kaget dengan bonusnya, karena keyword yang tidak anda target ternyata mengarah ke halaman anda. Ha..ha...ha...
Saya juga heran dengan hal ini, coba anda search mengenai travian. Kata kuncinya boleh, menang travian, galia travian, strategi travian, cheat travian, travian script, dll. Dari beberapa keyword tersebut, tulisan saya nongkrong di halaman pertama, urutan pertama. Jangan tanya kok bisa ? Karena saya juga tidak tahu jawabannya..
Empat, tulis yang serius, jangan cuman mencari traffic aja. Kenapa ? Karena syarat supaya bisa muncul di halaman atas search engine itu adalah sering di-klik orang. Memang, anda berhasil menjadi nomer satu untuk saat ini. Tetapi belum tentu besok ato lusa halaman anda tetep nomer satu. Ingatlah bahwa content is a king. Sapa tau, anda mendapatkan pengunjung setia yang mem-bookmark website anda.
Lima, ketahuilah bahwa orang yang surfing adalah orang yang mencari informasi. Jadi, jangan pelit memberi informasi. Kalo mereka merasa isi website anda tidak bermanfaat, good bye !!
Enam, untuk bisa memasukkan keyword secara alami dalam tulisan anda, maka anda harus belajar ! Sampai hari ini pun saya masih tetap belajar.
Ok deh.... manfaatkan keyword tools ini dengan bijaksana. Jangan beli tool yang mahal - mahal, optimalkan apa yang ada, meskipun Free Tool, tapi kalo digunakan dengan maksimal, anda akan kaget dengan hasilnya. Entah itu limpahan pengunjung, kenaikan traffic website, atau malahan anda raja keyword efektif. Selamat belajar !

2 comments:

greythesky on 10 Juli, 2011 15:08 mengatakan...

wah, mantap masbro. Ini baru pencerahan yang efektif. Tanpa embel2 click here, buy here, dll. Gw demen dah yg free2...

PC GAMES on 25 Juli, 2011 19:23 mengatakan...

Info yg menarik, thanks brot


Posting Komentar

 

Pembaca

Money Online